VIDEO TANAH BERGERAK TERJADI DI KUNINGAN

[DISINFORMASI]

Berdasarkan aduan yang masuk ke Tim Jabar Saber Hoaks. Sebuah video berdurasi 1 menit 19 detik memperlihatkan peristiwa tanah bergerak terjadi di Ciniru, Kuningan, Jawa Barat, viral di media sosial WhatsApp, Selasa (7/1/2020). Setelah kami melakukan penelusuran kejadian sebenarnya terjadi Cinyiru, Kabupaten Lebak.

[PENJELASAN]

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan, peristiwa yang terekam di dalam video tersebut bukanlah di terjadi di Kabupaten Kuningan. “Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, sehubungan telah beredarnya video-video tanah bergerak, kami BPBD Kabupaten Kuningan menyampaikan klairifikasi bahwa video tersebut bukan kejadian bencana yang ada di Kabuten Kuningan, khususnya di Kecamatan Ciniru,” kata Agus.
Video tersebut, kata Agus, merupakan kejadian longsor di Cinyiru, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Karena itu, Dia berharap, kepada masyarakat Kuningan agar tetap tenang dan tidak panik. “Kami cek langsung ke lapangan bahwa itu bukan di Ciniru, Kabupaten Kuningan,” pungkas Agus.

[SUMBER KLARIFIKASI]
http://bit.ly/2QPgU4I

#jabarhantamhoaks #disinformasi #tanahbergerak #kuningan #jabarsaberhoaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *